Cara Daftar PayPal Dengan Rekening Bank

Oleh Adi Nugraha

15 Desember 2022

233

cara daftar PayPal dengan rekening bank

Cara Daftar PayPal Dengan Rekening Bank - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa PayPal merupakan payment gateway yang digunakan untuk menerima maupun mengirim pembayaran. Dengan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan, menjadikan PayPal populer di kalangan penggunanya.

Memiliki akun PayPal yang terhubung dengan rekening merupakan suatu keharusan bagi pemilik akun PayPal. Dengan terhubung ke rekening bank, anda akan bisa melakukan penarikan dana saldo PayPal ke rekening bank lokal. Sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot cari jasa convert saldo PayPal.

Tulisan ini menjelaskan bagaimana cara daftar PayPal dengan rekening bank. Dimulai dari cara membuat akun PayPal dan kemudian menghubungkan rekening bank ke akun PayPal.

Mendaftar Akun PayPal

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar akun PayPal terlebih dahulu. Buka halaman www.paypal.com. Klik tombol Daftar di kanan atas.

cara daftar paypal

    • Pilih tipe rekening yang akan Anda buat sesuai kebutuhan, apakah rekening pribadi atau bisnis. Pada tulisan ini, kami memilih untuk tipe personal karena lebih dipakai untuk urusan personal. Klik tombol berikutnya.

cara daftar paypal

    • Langkah selanjutnya adalah memilih opsi "Saya seorang", ini juga sesuai pribadi Anda. Pada contoh ini kami memilih "Kedua hal di atas". Klik tombol berikutnya.

cara daftar paypal

    • Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi nomor telepon, yang mana nantinya pihak PayPal akan mengirim kode verifikasi ke nomor handpone tersebut. Klik tombol berikutnya.

cara daftar paypal

  • Masukkan kode verifikasi yang anda dapatkan dan klik tombol berikutnya.
  • Anda akan diarahkan menuju halaman pendaftaran yang dibagi jadi 2 form, pertama untuk mengisi profil anda yang meliputi email, nama dan kata sandi. form pendaftaran paypal Sedangkan untuk form pendaftaran kedua, untuk mengisi alamat anda, yang meliputi tanggal lahir, nik, alamat lengkap. Centang persetujuan syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi. Klik daftar.

form pendaftaran paypal

 

Pastikan datanya benar semua. Nama yang anda inputkan, nama yang ada di KTP dan nama yang ada di rekening bank harus sama semua. Ini penting jika suatu saat pihak PayPal meminta verifikasi data atau anda mau menarik dana ke rekening, bisa repot kalau datanya tidak sama.

Sampai disini anda telah melakukan pendaftaran akun PayPal. Tahap selanjutnya adalah aktivasi dan verifikasi akun PayPal yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

Aktivasi Akun PayPal

Tahap selanjutnya adalah melakukan aktivasi dengan cara mengkonfimasi email. Buka email yang anda pakai untuk mendaftar akun PayPal, lalu cari email dari PayPal dengan subject "Mohon konfirmasikan alamat email anda".

Buka email tersebut klik tautan yang masuk ke email anda. Anda akan diarahkan ke halaman login PayPal. Masukkan password yang anda buat saat pendaftaran.

konfirmasi email

 

Konfirmasi ini penting karena apabila anda tidak melakukan konfirmasi email, saldo yang dikirim ke akun PayPal anda tidak akan masuk. Email yang terkonfimasi nantinya akan digunakan berkomunikasi dengan PayPal, misal menerima info buletin, notifikasi dan lain lain.

Sebagai informasi tambahan, PayPal biasanya sensitif terhadap device dan ip address. Sehingga saat pendaftaran, aktivasi dan verifikasi pastikan anda menggunakan device yang sama, termasuk pakai browser yang sama.

email terkonfirmasi

Sampai tahap ini anda telah berhasil membuat akun PayPal dengan email yang terkonfirmasi. Tahap selanjutnya adalah menambahkan rekening bank yang akan dijelaskan pada sub berikutnya.

Menambahkan Rekening Bank

Setelah Anda mengkofirmasi email, maka anda dapat masuk ke akun PayPal, Cari notif di bagian kiri atas untuk menghubungkan kartu atau rekening baru. Atau jika tidak ada notif untuk menghubungkan rekening bank, anda bisa klik menu Wallet

paypal wallet

Perlu diingat bahwa rekening bank yang anda tambahkan hanya digunakan untuk proses penarikan dana. Tidak bisa digunakan untuk sumber dana transaksi online karena bank di Indonesia tidak terhubung dengan PayPal.

hubungkan kartu kredit rekening bank

Klik tombol Hubungkan kartu atau Bank. Maka akan muncul popup form apakah akan menguhubungkan kartu atau bank. Pilih Hubungkan rekening bank.

Setelah mengakses halaman menghubungkan rekening bank, anda akan diberi form untuk menambahkan nomor rekening. Isi form tersebut sesuai dengan data anda.

Cukup masukkan nomor rekening yang anda miliki, dan pilih banknya. Untuk kode bank biasanya otomatis terisi ketika anda memilih bank. Pastikan bahwa data-data yang dimasukkan sudah benar supaya ketika anda melakukan penarikan dana ke rekening bank lokal bisa berjalan lancar.

hubungkan rekening bank

Anda tidak perlu melakukan verifikasi ataupun menunggu kode verifikasi dari pihak PayPal. Verifikasi akan dilakukan oleh pihak PayPal saat akan mengirim dana dari akun PayPal ke rekening bank lokal ketika ada permintaan penarikan dana.

Pastikan data yang anda masukkan benar dan memilih bank yang punya reputasi baik agar proses penarikan dana juga berjalan cepat dan lancar. Kami menyarankan anda menggunakan bank konvensional saja, jangan gunakan bank digital apalagi ewallet.

Penutup

Itulah beberapa tahapan cara daftar PayPal dengan rekening bank yang cukup praktis dan mudah. Apabila anda ingin menghubungkan kartu kredit sehingga status akun PayPal anda menjadi terverifikasi (verified), anda bisa membaca artikel cara membuat akun PayPal dengan kartu kredit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan akun PayPalnya bisa bertahan lama.

Bagikan postingan ini